Lebih Mudah Tentukan Pilihan, Yuk Kenali Instrumen Investasi Terpopuler di Indonesia

Bisa membantu nilai kekayaan berkembang seiring waktu secara pasif, investasi menjadi aktivitas keuangan yang penting dilakukan oleh semua orang. Tak hanya meningkatkan nilai kekayaan, investasi juga bisa menjadi cara untuk melindungi nilai aset agar tak kalah dengan laju inflasi. 

Yang perlu dipahami, ada beragam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan keunggulan dan kekurangan tersendiri. Hal tersebut membuat investor perlu menyesuaikan instrumen investasi pilihannya agar sesuai dengan kebutuhan, kondisi keuangan, maupun tujuan investasinya. 

Tapi, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan instrumen investasi ini? Lalu, apa saja jenis instrumen investasi terpopuler yang paling sering diminati dan menjadi primadona di mata investor Indonesia? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, berikut terangkum penjelasan tentang definisi instrumen investasi dan deretan produk populer di pasar modal Indonesia. 

Apa Itu Instrumen Investasi?

loader

Pada dasarnya, instrumen investasi bisa dipahami sebagai alat atau wadah yang digunakan oleh investor dan bermanfaat untuk mengembangkan serta melindungi aset yang dimilikinya. Instrumen investasi ini bisa membantu Anda dalam meraih tujuan keuangan menyesuaikan jangka waktu, kondisi finansial, serta kebutuhan. 

Jika berbicara soal investasi, masyarakat Indonesia bisa dibilang cukup gemar serta memahami jika investasi emas dan properti mampu menjadi kunci mencapai kekayaan. Namun, selain emas dan properti, ada beragam instrumen investasi yang bisa dijadikan sebagai opsi meraih tujuan keuangan.

Beberapa instrumen investasi bahkan bisa menjadi pilihan yang lebih ideal dibanding yang lainnya tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Jadi, pastikan untuk memahami tentang pengertian instrumen investasi ini serta beragam jenisnya agar bisa lebih lancar menanam modal serta meraih potensi imbal hasil optimal. 

Deretan Instrumen Investasi Terpopuler di Indonesia

Setelah memahami pengertiannya, tentu Anda penasaran tentang instrumen investasi apa saja yang populer dan sering kali dijadikan pilihan oleh investor di Indonesia. Bisa menjadikannya sebagai pedoman dan rekomendasi saat menanam modal, berikut deretan instrumen investasi terpopuler yang ada di pasar modal Indonesia. 

  1. Deposito

    Deposito adalah produk investasi yang diterbitkan oleh perbankan yang memiliki kemiripan dengan tabungan berjangka. Produk ini cocok dijadikan pilihan oleh Anda yang masih pemula dan belum berpengalaman di dunia investasi karena risikonya yang rendah. Tapi, potensi keuntungan deposito tetap tergolong menggiurkan dan ada kewajiban untuk rutin menyisihkan dana dengan nominal tertentu hingga waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. 

  2. Saham

    Selanjutnya ada saham, yaitu bentuk kepemilikan investor terhadap aset perusahaan. Anda bisa membeli saham sebuah perusahaan dan mendapatkan hak terhadap keuntungan yang diperoleh perusahaan melalui dividen sesuai jumlah lot yang dimiliki. Selain itu, keuntungan investasi saham juga berasal dari capital gain saat berhasil menjualnya di harga lebih tinggi dibanding saat membelinya.

  3. Reksa Dana

    Sebagai instrumen investasi yang menghimpun dana dari banyak investor sekaligus, tak mengherankan jika reksa dana favorit dijadikan pilihan di Indonesia. Dengan cara kerjanya tersebut, investasi reksa dana bisa dimulai dengan modal terjangkau dan bisa diakses oleh semua kalangan. Di samping itu, modal investasi yang terkumpul di reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi kredibel sehingga lebih praktis bagi para investornya. 

    Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati Invest solusinya!

    Mulai Investasi Reksa Dana Sekarang!  

  4. Obligasi atau Sukuk

    Obligasi atau surat utang yang menggambarkan kepemilikan utang atau aset pada sukuk milik investor melalui penerbitan surat berharga oleh perusahaan atau pemerintah. Investasi di obligasi atau sukuk mampu memberikan imbal hasil dari kupon bunga secara berkala sekaligus pengembalian pokok utang ketika jatuh tempo. 

    Beli Obligasi Sekarang!

  5. Properti

    Investasi properti dilakukan dengan membeli aset berupa bangunan atau tanah. Keuntungan investasi properti diperoleh melalui capital gain atau selisih harga beli dan jualnya. Selain itu, untuk jenis properti seperti ruko, perkantoran, atau apartemen, investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari biaya sewanya. 

  6. Emas 

    Instrumen investasi populer di Tanah Air lainnya adalah emas yang sejak dulu diminati oleh masyarakat. Investasi emas bisa dilakukan dengan sederhana, yakni membeli emas dan menyimpannya selama kurun waktu tertentu. Jika harganya telah meningkat, Anda bisa merealisasikan keuntungan investasi emas dengan menjualnya kembali. 

  7. Bisnis

    Berbisnis juga menjadi instrumen investasi yang mampu menghasilkan passive income dan cash flow bagi para shareholder via dividen. Saat ini, bisnis pun bisa dilakukan dengan lebih praktis melalui sistem franchise autopilot maupun menjalankannya sendiri. Walaupun begitu, bisnis sering kali membutuhkan modal yang besar dan memiliki risiko yang tak boleh disepelekan. 

Pilihan Instrumen Investasi Terbaik Harus Sesuai Kebutuhan dan Tujuan Keuangan

Meski populer dijadikan pilihan oleh investor di Indonesia, tapi instrumen investasi yang terbaik perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan keuangan. Bisa jadi instrumen investasi ideal bagi Anda kurang pas dijadikan pilihan oleh investor lain. Sehingga, pahami kelebihan dan kekurangan setiap instrumen investasi agar mampu menentukan pilihan yang terbaik untuk Anda.