Minim Risiko, Yuk Cek Apa Itu ORI026 dan Keuntungannya

Bisa berinvestasi dengan aman dan minim risiko tentu menjadi dambaan hampir semua investor. Apalagi jika investasi tersebut juga menawarkan potensi imbal hasil yang menggiurkan dan tidak kalah dengan instrumen lain yang lebih berisiko. 

Menariknya, instrumen investasi tersebut bisa Anda temui saat membeli ORI026. Merupakan seri terbaru dari produk Surat Berharga Negara atau SBN Ritel Indonesia, ORI026 mulai ditawarkan dari tanggal 30 September hingga 24 Oktober 2024. Dengan masa penawaran yang sedang aktif saat ini, tentu investasi di produk ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan. 

Tapi, sebelum itu, Anda perlu memahami dulu apa itu ORI026 dan segala hal penting seputarnya. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan tentang ORI026, kelebihan, dan risikonya berikut ini. 

Beli Obligasi Sekarang!

Selengkapnya tentang ORI026

loader

ORI026

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, ORI026 merupakan salah satu seri dari produk SBN Ritel. ORI026 diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dan ditawarkan dengan periode mulai dari 30 September 2024 sampai 24 Oktober 2024. 

Selayaknya produk di seri-seri sebelumnya, ORI026 juga diterbitkan dengan sistem dual tranches atau memiliki 2 pilihan tenor alias waktu jatuh tempo. Yang pertama adalah ORI026-T3 yang memiliki waktu jatuh tempo 3 tahun. Lalu untuk yang kedua adalah ORI026-T6 dengan durasi tenor 6 tahun. 

Dengan masa tenor yang berbeda, baik ORI026-T3 dan ORI026-T6 menawarkan kupon dengan besaran berbeda. Dengan jangka waktu lebih singkat, kupon ORI026-T3 adalah 6,3 persen, sedangkan kupon ORI026-T6 adalah 6,4 persen.

Baik ORI026-T3 dan ORI026-T6 bisa dibeli dengan modal yang cukup terjangkau, yakni sebesar 1 juta rupiah. Namun, keduanya memiliki maksimal pembelian yang berbeda, yaitu 5 miliar rupiah pada ORI026-T3 dan 10 miliar rupiah untuk ORI026-T6.

Penting untuk dipahami, meski produk ini memiliki masa penawaran hingga 24 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB, tapi ada potensi penutupan lebih cepat ketika target kuotanya terpenuhi. Mengetahui hal tersebut, jangan tunggu lama lagi dan mulai pertimbangkan membeli ORI026 untuk melengkap portofolio investasi Anda dengan instrumen berisiko rendah dan imbal hasil menjanjikan ini. 

Keuntungan ORI026

Dibandingkan dengan instrumen investasi lain, ORI026 menjanjikan sejumlah keuntungan tersendiri dan bisa memikat investor untuk membelinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 keuntungan investasi di produk ORI026.

  1. Dijamin Undang-Undang

    Keuntungan pertama, investasi di produk ORI026 menjauhkan Anda dari rasa khawatir karena risiko gagal bayar. Pasalnya, baik pokok utang dan kupon yang dijanjikan produk ini pembayarannya dijamin negara melalui Undang-Undang. 

    Bahkan, anggaran untuk pembayaran kupon dan pokok utang tersebut telah dimasukkan pada APBN setiap tahunnya. Sehingga, produk ini bisa menjadi alternatif bijak bagi Anda yang mencari instrumen investasi rendah risiko tapi tetap mampu memberi keuntungan menjanjikan. 

  2. Kupon Bunga Terbilang Tinggi

    Meskipun minim risiko, tapi potensi keuntungan yang diberikan oleh produk ini tergolong tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kupon ORI026 berkisar di angka 6,3 persen dan 6,4 persen tergantung dari masa tenor yang dipilih. Nominal tersebut jauh mengungguli bunga deposito sehingga mampu menarik minat investor untuk membelinya. 

  3. Bunga Bersifat Flat

    Tak hanya nilainya yang tinggi, kupon ORI026 juga bersifat flat hingga jatuh tempo. Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan nilai yang tetap dan memudahkan Anda untuk menghitung peluang imbal hasil yang diperoleh ketika berinvestasi di produk ini. 

  4. Bisa Dibeli dengan Nominal Terjangkau

    Terakhir, keuntungan investasi ORI026 adalah produk tersebut bisa dibeli dengan nominal yang cukup terjangkau. Dengan modal mulai dari 1 juta rupiah, Anda bisa berinvestasi di instrumen minim risiko ini dan meraih keuntungannya secara optimal. 

Risiko ORI026

Secara umum, risiko ORI026 berkaitan dengan karakteristiknya sebagai produk obligasi, antara lain:

  1. Risiko Gagal Bayar

    Risiko ini terjadi saat investor tak dapat memperoleh haknya atas pembayaran kupon dan pokok utang sesuai yang dijanjikan ketika produk obligasi jatuh tempo. Namun, karena dijamin oleh negara, risiko gagal bayar atau default risk ini hampir tidak akan terjadi pada investor ORI026.

  2. Risiko Pasar

    Risiko selanjutnya adalah risiko pasar, yaitu kerugian yang dapat terjadi ketika investor menjual ORI026 pada pasar sekunder dengan harga lebih rendah dibanding harga belinya. Risiko ini bisa dihindari dengan menahan kepemilikan ORI026 dan mendapatkan pokok investasinya secara penuh saat jatuh tempo. Kalaupun ingin dilepas untuk mendapatkan dana dengan cepat, lebih bijak untuk menjadikan produk investasi ini sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman di bank. 

  3. Risiko Likuiditas 

    Terakhir ada risiko likuiditas yang terjadi saat investor kesulitan untuk menjual produk ini dengan harga wajar saat diperlukan. Sama halnya dengan risiko pasar, risiko likuiditas bisa disiasati dengan menjadikan ORI026 sebagai jaminan kredit di bank maupun lembaga lainnya. 

Jangan Lewatkan Kesempatan, Beli ORI026 Selama Masa Penawaran Aktif!

Merupakan instrumen investasi rendah risiko yang dijamin negara, ORI026 memberi peluang bagi investor untuk mendulang cuan dengan optimal. Mumpung masih dalam masa penawaran hingga 24 Oktober 2024, jangan lewatkan kesempatan menanam modal dengan keuntungan menjanjikan ini dan segera masukkan ORI026 ke portofolio investasi Anda.