SBN atau Surat Berharga Negara, Instrumen Investasi Minim Risiko yang Dijamin Negara

Dalam berinvestasi, tidak semua investor berfokus untuk melipatgandakan nilai kekayaannya semaksimal mungkin. Tergantung kebutuhan dan tujuan keuangannya, tidak sedikit investor lebih mengutamakan stabilitas dan keamanan nilai investasinya seiring waktu. Karena itu, instrumen investasi minim risiko tapi tetap mampu memberi imbal hasil melebihi inflasi kerap dijadikan pilihan. 

Berbicara soal instrumen investasi minim risiko, Anda pasti pernah mendengar tentang apa itu SBN atau Surat Berharga Negara. Sesuai namanya, SBN adalah jenis produk surat berharga yang diterbitkan pemerintah Indonesia agar bisa dibeli oleh investor Indonesia. Hal ini membuat jaminan pengembalian pokok utang dari produk tersebut dijamin negara dan membuat risikonya sangat kecil. 

Sebagai instrumen investasi, SBN tentu mempunyai daya tarik dan potensinya tersendiri. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar Surat Berharga Negara, termasuk tujuan penerbitan dan keunggulannya, simak rangkuman ulasannya berikut ini.

Apa Itu Surat Berharga Negara?

SBN atau Surat Berharga Negara adalah produk surat berharga yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Hasil pendanaan yang diperoleh dari penerbitan surat berharga tersebut ditujukan untuk membiayai proyek anggaran negara. 

Jika berinvestasi di produk ini, hal ini sama saja dengan Anda meminjamkan dana ke negara atau pemerintah. Dari aktivitas pinjaman dana tersebut, Anda selaku pemegang SBN akan memperoleh keuntungan atau imbal hasil dalam bentuk kupon bunga. Pembayaran kupon bunga ini dilakukan secara rutin dan periodik sampai jatuh tempo. 

Perlu diketahui jika setiap tahunnya pemerintah Indonesia mempunyai Anggaran Pendapatan & Belanja Negara. Tapi, dalam laporan APBN tersebut, tidak jarang kebutuhan berbelanja negara memiliki jumlah yang lebih tinggi dibanding jumlah pendapatan. Alhasil, untuk menutup selisih ataupun defisit tersebut, pemerintah menerbitkan SBN yang ditawarkan ke masyarakat Indonesia. 

Tujuan Pemerintah Menerbitkan Surat Berharga Negara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada tujuan dan maksud tersendiri mengapa pemerintah menerbitkan SBN. Berikut adalah tujuan utama dari penerbitan Surat Berharga Negara ini ke masyarakat atau investor publik. 

  • Mendapatkan pembiayaan untuk defisit APBN. 
  • Menekan kekurangan kas negara dalam jangka pendek.
  • Mengelola portofolio dana negara. 
  • Mendorong masyarakat agar bisa berinvestasi sekaligus memberi alternatif investasi untuk orientasi jangka menengah 2 sampai 3 tahun. 
  • Memberi alternatif investasi aman, terjangkau, mudah, serta menguntungkan.

Keunggulan Surat Berharga Negara untuk Investasi

Selain tujuan di atas, penerbitan Surat Berharga Negara mampu menyediakan opsi investasi yang menguntungkan bagi investor. Berikut adalah keunggulan SBN yang membuatnya lebih menarik di mata investor dibanding instrumen investasi lain. 

  1. Dijamin Negara

    Sebagai instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, pengembalian pokok investasi dan kupon Surat Berharga Negara sudah pasti dijamin negara. Bahkan, anggaran untuk pengembalian pokok investasi SBN dan pembayaran kuponnya telah memiliki disusun khusus sesuai aturan Undang-Undang. Jadi, bisa dibilang investasi di produk ini memiliki jaminan keamanan yang tinggi dan pasti aman. 

  2. Modal Investasi Terjangkau

    Keuntungan lainnya, investasi di produk SBN bisa dilakukan dengan modal yang relatif terjangkau. Untuk bisa membelinya, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 1 juta rupiah saja. 

  3. Sarana Dapatkan Passive Income

    Dengan pembayaran kupon bunga yang dilakukan secara berkala, investasi di Surat Berharga Negara bisa menjadi sarana memperoleh pendapatan pasif menjanjikan. Pun produk ini juga sering dijadikan pilihan untuk menyimpan dana pensiun dan memenuhi kebutuhan hidup dari pembayaran kupon bunganya. 

  4. Kupon Bunga Menggiurkan

    Melihat dari data historis, SBN dikenal sebagai instrumen investasi yang memberikan imbal hasil menarik bagi para investornya. Hal ini dibuktikan dengan keuntungan kupon bunga SBN yang lebih tinggi dibanding penawaran bunga deposito perbankan atau BUMN.

  5. Beban Pajak Lebih Kecil

    Keuntungan lainnya, berinvestasi di Surat Berharga Negara membebani investor dengan pajak yang lebih rendah. Berdasarkan aturan yang berlaku, investasi SBN hanya membebankan pajak sebesar 10 persen. Nominal tersebut lebih kecil dibanding pajak deposito yang bisa mencapai 20 persen. 

  6. Kesempatan Menjadi Pahlawan Negara

    Terakhir, daya tarik lain dari investasi di produk SBN adalah Anda bisa sekaligus menjadi pahlawan negara yang turut berkontribusi pada rencana pembangunan negara. Pasalnya, dana pinjaman di SBN dialokasikan untuk membantu pembiayaan APBN Indonesia. 

Cari Instrumen Investasi Aman dan Menjanjikan? SBN Selalu Bisa Dijadikan Pilihan!

Itulah penjelasan tentang Surat Berharga Negara sebagai instrumen investasi berupa surat berharga yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Diterbitkan untuk menutup defisit anggaran negara, SBN menawarkan imbal hasil dari kupon bunga dengan nominal yang menjanjikan. Di samping itu, pengembalian pokok utang dan pembayaran kupon yang dijamin negara membuat investasi di produk ini sangat aman serta bisa menjadi sarana mendapatkan passive income menggiurkan.