9 Manfaat Reksa Dana yang Jarang Ditemui di Instrumen Investasi Lain

Bagi kebanyakan investor, reksa dana akan selalu menjadi salah satu instrumen investasi yang tak tergantikan dan dipilih untuk mengisi portofolionya. Bukan tanpa alasan, reksa dana merupakan alternatif investasi ideal bagi pemilik modal yang tak mempunyai waktu atau keahlian dalam menganalisis risiko investasi. 

Di samping itu, reksa dana juga menjadi pilihan terbaik bagi investor yang masih awam dan belum berpengalaman di dunia investasi. Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat reksa dana yang membuatnya kerap menjadi pilihan utama bagi investor ketika berinvestasi?

Untuk mengetahui jawabannya, simak 9 manfaat reksa dana yang jarang ditemui pada instrumen investasi lain dan menjadi nilai plus tersendiri berikut ini.

Manfaat Reksa Dana

loader

Manfaat Reksa Dana

1. Diversifikasi Aset yang Praktis

Manfaat reksa dana yang utama adalah kemampuannya untuk mendiversifikasi aset. Misalnya, investor bisa membeli saham perusahaan yang bergerak di sektor finansial dan agrikultur sekaligus. Karena bergerak di sektor yang berbeda, kedua saham tersebut tentu memiliki fluktuasi pasar yang berbeda dan mampu meminimalkan risiko kerugian terhadap portofolio investasinya. 

Nah, dengan investasi reksa dana, Anda bisa secara instan mendiversifikasi aset dan mengalokasikannya. Pasalnya, ada Manajer Investasi yang mengelola modal investasi investor. Bahkan, pengelolaan modal oleh Manajer Investasi di produk reksa dana bisa dilakukan tanpa biaya yang tinggi. 

Bagi yang belum tahu, investasi di produk reksa dana membuat Anda bisa menanam modal di produk pasar uang, obligasi, saham, dan sebagainya. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis reksa dana yang dipilih dengan kebutuhan dan tujuan agar bisa mendiversifikasi modal secara optimal. 

2. Proses Pembelian Mudah dan Simpel

Dengan investasi reksa dana, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa proses pembelian yang mudah dan simpel. Manfaat reksa dana ini bisa dirasakan karena instrumen tersebut dapat dibeli secara online melalui sejumlah platform yang telah mengantongi izin dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Berbasis online, pembelian reksa dana bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Melakukan strategi investasi sistematis secara rutin tiap bulan pun lebih mungkin dilakukan di instrumen ini. Belum lagi dengan kebutuhan modal investasi reksa dana yang terjangkau sehingga mampu diakses oleh mayoritas masyarakat dari hampir semua kelompok ekonomi.

3. Likuiditas Tinggi dan Terjamin

Tidak hanya proses pembeliannya yang mudah, proses pencairan atau likuiditas dari produk ini juga terbilang tinggi dan terjamin. Ketika sewaktu-waktu Anda perlu mencairkan dana investasi di produk reksa dana, Anda bisa langsung mengajukan penarikan ketika dibutuhkan. Biasanya, proses pencairan tersebut memakan waktu paling lama 3 sampai 7 hari kerja bursa. 

4. Beban Biaya Terjangkau

Manfaat reksa dana lain yang tak kalah menarik adalah beban biaya layanannya yang terjangkau. Hal ini merupakan keuntungan yang mungkin hanya bisa ditemui di instrumen reksa dana karena keunggulan cara kerjanya mengumpulkan modal investasi secara kolektif dari banyak investor sekaligus. 

Sehingga, Manajer Investasi bisa menurunkan beban biaya layanan dari para investor atau kliennya. Nasabah reksa dana pun jadi mampu memaksimalkan imbal hasil dari aktivitas investasinya di produk tersebut. 

Bahkan, pada sejumlah platform dan produk reksa dana, investor tidak dikenakan biaya pembelian ataupun biaya penjualan. Hal ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri yang membuat instrumen ini unggul dan lebih menggiurkan dibanding yang lainnya, bukan?

5. Pengelolaan oleh Pihak Profesional dan Ahli

Dengan biaya yang terjangkau, kenyataannya investasi reksa dana tetap dikelola oleh pihak kompeten yang disebut Manajer Investasi dengan pengalaman dan keahlian yang tak perlu diragukan lagi. Manajer Investasi adalah lembaga profesional yang mempunyai keterampilan di bidang keuangan yang secara aktif dan konsisten melakukan riset dan analisis terhadap industri serta perusahaan. 

Hal tersebut dilakukan untuk bisa memaksimalkan hasil investasi pada produk reksa dana yang dikelolanya serta meminimalkan risiko. Di Indonesia sendiri, Manajer Investasi harus mempunyai sertifikat Wakil Manajer Investasi maupun sertifikat global, Certified Financial Analyst atau CFA. Kedua sertifikat tersebut merupakan bukti akan kemampuan dan pengetahuannya terkait dunia investasi.

6. Aman dan Pengawasan Dijamin OJK

Manfaat reksa dana lainnya adalah jaminan keamanan karena layanan tersebut diawasi secara khusus oleh OJK. Hal tersebut memberi kenyamanan pada para investor selama menanam modal dan bisa terhindar dari risiko penipuan. Yang terpenting, selalu cek lebih dulu legalitas dan status terdaftar dari layanan reksa dana yang akan dipilih guna memastikan keamanan dan kenyamanannya selama berinvestasi. 

7. Tak Butuh Modal Besar

Di antara sederet manfaat reksa dana, keunggulannya untuk bisa dimulai dengan modal terjangkau mungkin menjadi salah satu yang paling menarik perhatian investor. Ya, dibanding instrumen investasi lain, reksa dana memiliki keunggulan di mana pembelian produknya bisa dilakukan dengan modal receh. 

Bayangkan saja, dengan dana 10 ribu rupiah saja, Anda bisa memulai langkah investasi dan meningkatkan kondisi finansial di reksa dana. Hal ini tentu saja membuka pintu investasi bagi mayoritas masyarakat yang sebelumnya terkendala modal. 

8. Opsi Produk Beragam dan Fleksibel

Tak hanya itu, reksa dana juga memiliki banyak pilihan produk dengan keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Hal ini membuat instrumen tersebut lebih fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi investor. 

Sebagai contoh, jika ingin investasi dalam jangka pendek, ada opsi reksa dana pasar uang yang memiliki pertumbuhan nilai stabil dan minim risiko. Jika tertarik untuk investasi jangka panjang, reksa dana saham bisa menjadi pilihan karena mampu memberi potensi imbal hasil maksimal kendati risikonya tinggi. Pun kalau ingin investasi jangka menengah misalnya 3 tahun, ada reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran yang menawarkan imbal hasil menjanjikan dengan risiko yang masih bisa ditoleransi.

9. Jaminan Transparansi Kinerja

Terakhir, manfaat reksa dana yang jarang ditemui di instrumen investasi lain adalah jaminan transparansi pengelolaan dan kinerjanya. Dalam reksa dana, investor bisa memantau prospektus yang berisi segala informasi penting seputar produk tersebut.

Mulai dari NAB atau Nilai Aktiva Bersih, informasi Manajer Investasi dan Bank Kustodian, biaya layanan, dan lain sebagainya bisa dipantau pada prospektus reksa dana. Jadi, investor pun mampu memastikan kesesuaian cara kerja reksa dana dengan kebutuhan dan keinginan saat memantau dokumen tersebut sebelum membelinya.

Segera Investasi Reksa Dana dan Raih Segudang Manfaatnya!

Kerap jadi pilihan investasi bagi investor, reksa dana tak perlu diragukan lagi menawarkan banyak keuntungan dan keunggulan yang jarang ditemui di instrumen lain. Manfaat reksa dana bahkan mampu menjadi solusi dari masalah investasi yang sering dialami masyarakat, seperti keterbatasan dana dan kurangnya kemampuan menganalisis produk sesuai kebutuhan. Dengan segudang manfaatnya tersebut, jangan tunda lagi rencana investasi reksa dana agar kondisi keuangan bisa berkembang seiring waktu!